PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) DIGITAL MATA PELAJARAN INFORMATIKA KELAS VII SMP N 7 BUKITTINGGI

  • Hayattul Rahmi Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer S1, Universitas Islam Negeri (UIN) Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi
  • Sarwo Derta Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer S1, Universitas Islam Negeri (UIN) Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi
  • Supratman Zakir Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer S1, Universitas Islam Negeri (UIN) Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi
  • Liza Efriyanti Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer S1, Universitas Islam Negeri (UIN) Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi

Abstract

Permasalahan pada penelitian ini dikarenakan belum adanya LKPD Digital, dalam membantu pembelajaran sehingga pendidik hanya menggunakan media pada pembelajaran buku paket dan sesekali pendidik mengajak peserta didik praktek di laboratorium komputer E-LKPD adalah bahan belajar cetak dalam bentuk lembaran kertas, yang berisi materi, rangkuman dan petunjuk penyelesaian tugas belajar yang dilakukan oleh peserta didik, mengacu pada keterampilan dasar yang dapat dicapai dengan bantuan teknologi komputer. Dengan adanya sarana dan prasarana SMP N 7 Bukittinggi yang mempunyai 4 labor informatika yang mana pada labor informatika tersebut memiliki koneksi internet yang dapat digunakan peserta didik dalam pembelajaran, hal ini tentunya dapat dimanfaatkan ketika nanti belajar dengan penerapan LKPD berbasis digital. E-LKPD ini akan dirancang dengan bantuan software Liveworksheet dan dapat digunakan secara mandiri dimanapun dan kapanpun yang mana hasil kerjanya nanti dapat disimpan dalam bentuk PDF, maka penulis membuat dan mengembangkan E-LKPD untuk peserta didik maupun pendidik. Penelitian ini menggunakan Reaseach and Development (R&D) dengan model pengembangan Hannafin and Peck dengan prosedur pengembangan, yaitu Need Assess, Design dan Develop/Implement. Obyek penelitian ini adalah E-LKPD pada mata pelajaran Informatika kelas VII. Sedangkan subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII dengan sampel 15 peserta didik. Instrumen yang dipakai adalah angket validitas, angket respon pendidik dan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kevalidan E-LKPD sebesar 0,79 dengan kategori “Valid”, Kepraktisan E-LKPD dari respon siswa dan respon guru sebesar 0,77 dengan kategori “ Praktis” Keefektifan menggunakan E-LKPD sebesar 0,57 dengan kategori “Sedang”. Jadi, E-LKPD ini layak digunakan untuk pembelajaran Informatika kelas VII SMP N 7 Bukittinggi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-04-04