ANALISIS USABILITY APLIKASI DISCORD SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE DENGAN METODE USE QUESTIONNAIRE

  • Rananda Deva Rian Program Studi Teknik Informatika S1, STMIK IKMI Cirebon
  • Umi Hayati Program Studi Teknik Informatika S1, STMIK IKMI Cirebon
  • Raditya Danar Dana Program Studi Teknik Informatika S1, STMIK IKMI Cirebon
Kata Kunci: Sosial Media, Discord, USE Questionnaire, Usability ,Media Pembelajaran Online.

Abstrak

Sosial media merupakan opsi yang bagus untuk melakukan pembelajaran secara online, Dengan memanfaatkan teknologi membuat pembelajaran semakin mudah dan cepat. Sosial Media diartikan sebagai platform digital yang memungkinkan pengguna untuk dapat melakukan aktivitas sosial tanpa dibatasi ruang dan waktu menjadikan sosial media tempat yang bagus untuk berdiskusi. Aplikasi Sosial media yang dianalisa dalam penelitian ini yaitu Discord. Discord adalah aplikasi yang digunakan sebagai komunikasi dengan mengandalkan audio, video dan text. Discord ditujukan untuk gamers dan juga komunitas lain. Dengan Low-latency voice dan video, Discord memberikan pengalaman seperti berada dalam satu ruangan dengan sesama pengguna sehingga memiliki potensi sebagai platform media pembelajaran online. Aplikasi ini masih memiliki kekurangan sebagai media pembelajaran online maka dari itu diperlukan analisa. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat usability pada aplikasi Discord terutama sebagai media belajar online yang dilakukan dengan metode USE Questionnaire dengan aspek Usefulness, Ease of Use, Ease of Learning, dan Satisfaction. Perhitungan akan dilakukan dengan menggunakan SPSS dan Microsoft Excel. Hasil yang didapat pada penelitian ini yaitu aspek Usefulness dengan skor kelayakan 80%, Ease of Use dengan skor kelayakan 71%, Ease of Learning dengan skor kelayakan 79%, Satisfaction dengan skor kelayakan 96% sehingga diperoleh skor usability 79.8% yang membuktikan aplikasi ini layak digunakan sebagai pembelajaran online.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2023-05-18