MENINGKATKAN MINAT BELAJAR TERHADAP LAGU DAERAH DENGAN MENGGUNAKAN GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID

  • Agung Laksono Teknik Informatika, STMIK IKMI Cirebon
  • Bambang Irawan Teknik Informatika, STMIK IKMI Cirebon
  • Ahmad Faqih Teknik Informatika, STMIK IKMI Cirebon

Abstract

Indonesia merupakan negara yang kaya akan budaya dan adat istiadat dari setiap daerahnya, contohnya lagu daerah yang semakin ditinggalkan terkikis oleh zaman. Lagu daerah saat ini diperkirakan kurang diminati pada kalangan anak-anak, remaja, maupun dewasa. Oleh karena itu, game edukasi tentang lagu-lagu daerah ini dibuat untuk mengenal tentang kebudayaan yang ada di Indonesia bagi anak-anak maupun siswa sekolah. Dalam melakukan penelitian ini, jenis penelitian yang dilakukan berupa kuantitatif dan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan penyebaran kuesioner. Metode pengembangan yang digunakan adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC), yang terdiri dari enam tahap yaitu konsep, desain, pengumpulan materi, pembuatan, pengujian dan distribusi. Pengujian yang dilakukan pada pengembangan game ini ialah menggunakan black box testing yang berguna untuk mengecek input dan output agar sesuai dengan storyboard yang telah dibuat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah game berbasis android dapat mempengaruhi minat belajar siswa tentang lagu daerah. Hasil dari penelitian ini ialah terciptanya game edukasi lagu daerah berbasis android dengan menggunakan metode MDLC dan didapatkan hasil yang menunjukkan bahwa game edukasi ini memberikan pengaruh terhadap minat siswa dalam belajar lagu daerah sebesar 3%. Penting untuk diperhatikan bahwa peningkatan sebesar 3% masih terbilang rendah dan masih memerlukan penelitian lanjutan untuk meningkatkan efektivitas game edukasi ini.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-08-22