PENGUKURAN USER EXPERIENCE PENGGUNAAN KRAPYAK-U MENGGUNAKAN FRAMEWORK USER EXPERIENCE QUESTIONAIRE PLUS

  • Galih Aditama Magister Teknik Informatika, Universitas Amikom Yogyakarta
  • Bambang Soedijono Magister Teknik Informatika, Universitas Amikom Yogyakarta
  • Alva Hendi Muhammad Magister Teknik Informatika, Universitas Amikom Yogyakarta

Abstract

Krapyak-U merupakan aplikasi yang diproduksi oleh PT Solusi Infotech Semesta Indonesia (SIESTA) aplikasi ini dikembangkan untuk menjadi pusat pelayanan yang dimiliki oleh Yayasan Ali Maksum Pondok Pesantren krapyak. Menurut hasil dari pengamatan awal yang dilakukan, masih banyak terdapat bebrapa kendala yang dialami oleh pengguna aplikasi. Dengan adanya permasalahan, peneliti akan melakukan penelitian tentang User Experience (UX) aplikasi Krapyak-U. Proses Evaluasi UX dibuat berdasarkan framework User Experience Questionnaire Plus (UEQ+) yang nantinya akan menganalisis bagaimana respon yang didapat dari pengguna aplikasi Krapyak-U. Skala yang digunakan pada kuesiner tersebut adalah tingkat efisiensi, tingkat.kejelasan, tingkat.keandalan, tingkat.kepercayaan, tingkat kegunaan, penggunaan secara intuitif, tingkat kualitas.konten dan tingkat kejelasan.tampilan. Data yang didapat dianalisis menggunakan UEQ Data Analysis Tools yang berguna untuk mengukur kepuasan pelanggan dan menyajikan hasil dari analisis data dalam bentuk grafis yang akan mempermudah dalam memberikan rekomendasi tindakan yang akan dilakukan. Hasil yang didapat dari 55 respoonden pengguna aplikasi Krapyak-U yang merupakan guru, wali santri, dan mahasiswa menunjukkan hasil yang baik pada beberapa aspek skala yang diajakukan. Namun pada skala kemudahan masih mendapat rata-rata 0,82 dan pada skala kualitas konten yang hanya mendapat rata rata di bawah standar dari development.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-09-06