SENTIMEN ANALISIS DATA PENGGUNA TERHADAP KAI ACCESS

Systematic Literature Review

  • Natalya Br Sidauruk Teknik Informatika, Universitas Logistik dan Bisnis Internasional
  • Noviana Riza Teknik Informatika, Universitas Logistik dan Bisnis Internasional
Kata Kunci: Analisis Sentimen, KAI Access, Ulasan, Data Pengguna

Abstrak

Analisis sentimen data pengguna telah menjadi area penelitian yang semakin penting dalam menggali pandangan, opini, dan preferensi pengguna terhadap berbagai produk dan layanan. Seperti KAI Access merupakan sebuah platform akses digital yang menyediakan layanan terhadap tranportasi, yang telah menarik perhatian banyak pengguna. Oleh karena itu, analisis sentimen terhadap pengguna KAI Access menjadi relevan untuk mendapatkan wawasan yang berharga bagi pengembang dan pengelola platform ini. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis sentimen data pengguna terhadap KAI Access. Metode yang digunakan meliputi pengumpulan data dari Google Playstore. Data yang terkumpul kemudian diolah menggunakan teknik preprocessing dan algoritma analisis sentimen. Hasil analisis menunjukkan bahwa mayoritas pengguna KAI Access memiliki sentimen negatif terhadap platform ini. Para pengguna banyak memberi ulasan layanan yang tersediakan pada KAI Access, serta kemudahan penggunaan dan kendalannya. Beberapa pengguna juga mengungkapkan kepuasan terhadap interaksi dengan tim dukungan pelanggan yang responsif dan efisien. Penelitian ini memberikan pemahaman yang lebih baik tentang sentimen pengguna terhadap aplikasi KAI Access dan memberikan wawasan yang berharga bagi pengembang dan pengelola platform ini untuk meningkatkan pengalaman pengguna dan memenuhi harapan pengguna yang lebih luas.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2023-09-06