SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DALAM ASOSIASI PENJUALAN PRODUK DENGAN ALGORITMA APRIORI

  • Nur Hapipah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Suci Ramona Purwa Novitri Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Jajam Haerul Jaman Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstract

Semakin banyaknya persaingan bisnis khususnya dalam industry penjualan makanan menuntut para pengusaha mencari solusi agar bisnis tetap berjalan. Saat ini perkembangan teknologi sangat membantu di bidang bisnis agar segalanya lebih praktis, Penelitian ini dilakukan dengan menganalisis data penjualan dari sebuah toko retail, lalu hasil analisis menunjukkan adanya pola-pola asosiasi yang kuat antara produk-produk tertentu, hal ini dapat digunakan untuk mengembangkan strategi pemasaran yang efektif dan meningkatkan keputusan dalam perencanaan stok dan promosi produk. Dalam penelitian ini penulis memakai metode asosiasi dan algoritma apriori. Metode Apriori digunakan untuk menemukan asosiasi antara produk-produk yang sering terjual bersamaan. Implementasi sistem pendukung keputusan ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi pemilik toko dan pengambilan keputusan dalam industri ritel secara keseluruhan. Tujuan dari penelitian yaitu mengidentifikasi pola-pola penjualan yang signifikan berdasarkan data transaksi dan diharapkan membantu rating penjualan setiap harinya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-08-25