IMPLEMENTASI DATA MINING CLUSTERING K-MEANS DALAM MENGGOLONGKAN BERAGAM MEREK LAPTOP

  • Affani Putri Riyandoro Program Studi Sistem Informasi, Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Apriade Voutama Program Studi Sistem Informasi, Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Yuyun Umaidah Program Studi Sistem Informasi, Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstract

Dalam kehidupan sehari – hari, pemilihan dan pembelian laptop dilakukan berdasarkan merek laptop yang terkenal ataupun saran dari orang terdekat. Namun, pemilihan tersebut kurang efektif karena banyaknya pilihan laptop dan kurangnya pengetahuan pengguna tentang spesifikasi laptop. Tujuan penelitian ini adalah untuk menerapkan metode Clustering K-Means dalam menggolongkan berbagai jenis merek laptop kedalam beberapa kelompok, dengan harapan dapat membantu pengguna dalam memilih laptop dengan kualitas terbaik. Hasil penelitian yang didapat adalah merek laptop berhasil dikelompokkan menjadi tiga cluster. Cluster 0 berisi 70 data, cluster 1 berisi dari 25 data, dan cluster 2 terdiri dari 5 data. Kesimpulan yang diperoleh yaitu pengujian dengan menerapkan metode Clustering K-Means ini memberikan hasil yang positif dan sesuai dengan perhitungan yang diterapkan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-09-08