PERANCANGAN UI/UX PROTOTYPE SISTEM PENCATATAN PELANGGAN BERBASIS MOBILE APPLICATION MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING

STUDI KASUS CV KAHLA GLOBAL PERSADA

  • Selly Nursyifa Sistem Informasi, Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Taufik Ridwan Sistem Informasi, Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Azhari Ali Ridha Sistem Informasi, Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstract

Perancangan UI/UX Prototype Sistem Pencatatan Pelanggan Berbasis Mobile Application menggunakan Metode Design Thinking (Studi Kasus CV. Kahla Global Persada). Pada era perkembangan teknologi saat ini, penggunaan aplikasi berbasis mobile semakin penting dalam memenuhi kebutuhan perusahaan dalam mengelola data pelanggan dengan efisien. CV. Kahla Global Persada, perusahaan yang bergerak di bidang produksi makanan kripik tempe, menghadapi tantangan dalam pendataan pelanggan yang masih dilakukan secara manual. Oleh karena itu, perlu adanya sistem pencatatan pelanggan yang dapat memudahkan pengelolaan data pelanggan. Penelitian ini menggunakan metode Design Thinking sebagai pendekatan dalam merancang UI/UX prototype sistem pencatatan pelanggan berbasis mobile application. Tahapan dalam metode Design Thinking meliputi tahap Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Testing. Pada tahap Empathize, dilakukan wawancara dengan Direktur Utama CV. Kahla Global Persada untuk memperoleh data yang diperlukan dalam perancangan UI/UX sistem pencatatan pelanggan. Tahap Define mengidentifikasi masalah dan kebutuhan dasar dalam pembuatan sistem pencatatan pelanggan. Tahap Ideate mengumpulkan ide-ide solusi dan merancang sitemap, user flow, dan wireframe. Hasil dari penelitian ini adalah perancangan UI/UX prototype sistem pencatatan pelanggan berbasis mobile. Selanjutnya, dilakukan pengujian prototype menggunakan metode System Usability Scale (SUS). Dan skor SUS yang diperoleh yaitu sebesar 92,25 menunjukkan bahwa prototype ini masuk dalam kategori "baik dan dapat diterima".

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-11-30