PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI (TI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN BIMBINGAN TIK

  • Ulvi Aulia Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Liza Efriyanti Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Supratman Zakir Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Khairuddin Khairuddin Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

Abstract

Metode pembelajaran saat ini sangat bervariasi, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan, seiring dengan semakim majunya teknologi, pada guru dan dosen menjadi bingung, metode mana yang lebih baik diterapkan, dalam perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui sejauh mana model pembelajaran berbasis Teknologi Informasi (TI) berpengaruh terhadap prestasi akademik peserta didik di mata pelajaran BIMTIK (Bimbingan TIK). Meotode yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif memakai metode quasi experimental berjenis desain time-series. Metode random purposeful sampling yang dipergunakan pada penelitian ini melibatkan semua peserta didik kelas X SMAN 1 Batahan. Metode penelitian yg dipergunakan adalah tes essay. SPSS digunakan buat menganalisis data. Terlihat pada hasil penelitian yaitu N-Gain nilai rata-ratanya 57,44% yang termasuk pada kisaran efisiensi peningkatan n-gain yg bisa diterima. Dapat dilihat hasil yangterjadi uji t sampel berpasangan menunjukkan bahwa p(0,000) lebih kecil dari α(0,05) dan nilai pasti thitung|-11,866| = 11,866 lebih besar dari ttabel 2,055. Kesimpulan paired sample correlation menyatakan bahwasanya terdapat hubungan akurat antara hasil belajar ketika pretest dan posttest yaitu dengan nilai interelasi sejumlah 0,509 dan p (0,007) kecil dari α (0,05).

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-10-13