ANALISIS SENTIMEN PENGGUNA TWITTER TERHADAP FITUR GRATIS ONGKOS KIRIM PADA APLIKASI SHOPEE INDONESIA MENGGUNAKAN ALGORITMA K-NEAREST NEIGHBOR

  • Alysa Salsabila Teknik Informatika, Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Nina Sulistiyowati Teknik Informatika, Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Mohamad Jajuli Teknik Informatika, Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstract

Shopee merupakan tempat transaksi perdagangan online yang populer di Indonesia. Shopee memiliki keunggulan adanya fitur gratis ongkos kirim ke seluruh wilayah di Indonesia yang dapat menarik perhatian sebagian besar masyarakat. Semakin berkembangnya Shopee, semakin banyak juga pengguna aplikasi Shopee yang mengeluh bahwa kebijakan baru terkait gratis ongkos kirim yang dikeluarkan oleh Shopee sedikit memberatkan pengguna. Oleh karena itu, untuk mengetahui opini tentang fitur gratis ongkos kirim pada aplikasi Shopee yang diberikan oleh pengguna Twitter dapat dilakukan dengan analisis sentimen.  Proses analisis sentimen ini menggunakan metodologi Knowledge Discovery in Databases (KDD) dengan tahap awal melakukan pengambilan data dari cuitan di Twitter yang didapat melalui teknik crawling. Kemudian, data tersebut diseleksi untuk masuk ke tahap preprocessing. Setelah itu data masuk ke tahap transformation yaitu pemberian label positif dan negatif yang kemudian divalidasi oleh pakar bahasa. Selanjutnya tahap data mining menggunakan algoritma K-Nearest Neighbor, dengan melakukan pembagian dataset menjadi 4 skenario. Terakhir tahap evaluation untuk menguji model algoritma yang digunakan menggunakan confusion matrix. Berdasarkan data yang sudah diklasifikasi, menghasilkan sentimen positif sebanyak 130 data dan sentimen negatif sebanyak 1.045 data. Dengan pembagian data 80:20, penelitian ini menghasilkan nilai akurasi sebesar 91%. Dengan demikian sentimen pengguna Twitter terhadap fitur gratis ongkos kirim pada aplikasi Shopee diketahui lebih banyak mengandung sentimen negatif.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-11-24