ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA SISTEM UJIAN ONLINE DI SMK TRI MITRA MENGGUNAKAN METODE END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS)

  • Dikdik Wahyudi Teknik Informatika, STT Wastukancana Purwakarta
  • Mutiara Andayani Komara Teknik Informatika, STT Wastukancana Purwakarta
  • Ismi Kaniawulan Teknik Informatika, STT Wastukancana Purwakarta
Kata Kunci: Sistem Ujian Online, End User Computing Satisfaction, metode kuantitatif, Structural Equation Modeling (SEM) AMOS.

Abstrak

Pemanfaatan teknologi adalah salah satu dampak dari perubahan global, atau era globalisasi, yang terjadi di seluruh dunia. Sejak 2019, SMK TRI MITRA telah menerapkan sistem ujian online yang memudahkan siswa dan guru untuk melakukan ujian. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kepuasan pengguna sistem ujian online di SMK TRI MITRA karena belum pernah ada analisis kepuasan pengguna terhadap layanan yang ditawarkan oleh sistem sejak digunakan. kuantitatif deskriptif adalah jenis penelitian yang digunakan, dan survei dikirim secara langsung kepada responden menggunakan formulir Google. Jumlah populasi adalah 1000, dan jumlah sampel yang dibutuhkan adalah 286. Sebanyak 399 hasil kuesioner terisi lengkap dan dapat dianalisis. Namun, model persamaan struktur (SEM) menggunakan model kepuasan pengguna dalam komputasi akhir (EUCS). EUCS memiliki beberapa variabel laten atau konstruk, seperti isi (Content), keakuratan (Accuracy), bentuk (Format), kemudahan pengguna (Ease of use), dan ketepatan waktu (Timeliness) teori yang dipelajari sebanyak 5 (lima). Proses pengolahan data dilakukan menggunakan program IBM SPSS versi 25 dan AMOS versi 24., dan teknik pengambilan sampel populasi digunakan menggunakan rumus slovin dengan pengambilan sampel secara acak sederhana. Hasil penelitian menghasilkan bahwa pengguna tidak puas dengan sistem, Karena ada beberapa variabel yang tidak diterima yaitu dapat dipahami oleh fakta bahwa beberapa konstruk yang tidak diterima User Satisfaction terhadap Konstruk Content, User Satisfaction terhadap konstruk Accuracy, dan User Satisfaction terhadap konstruk Euse of Use tidak diterima.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2023-11-27