ANALISIS USABILITY DAN USER EXPERIENCE PADA APLIKASI MUSEA AR DENGAN METODE SYSTEM USABILITY SCALE DAN USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE

  • Galih Permata Putra Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Narotama
  • Moh. Noor Al Azam Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Narotama https://orcid.org/0000-0002-2714-1108

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis evaluasi pada aplikasi Augmented Reality berbasis Android bernama Musea AR sebagai sarana untuk informasi tentang koleksi di Museum Teknoform Surabaya. Augmented Reality (AR) yang dibahas dalam penelitian ini adalah AR berbasis marker atau AR dengan teknik marker-based untuk membantu kamera mengenali objek. Pengukuran dilakukan dengan metode System Usability Scale (SUS) dan User Experience Questionnaire (UEQ). Pengukuran dengan metode tersebut digunakan untuk mengukur seberapa besar penerimaan atau kelayakan aplikasi, serta mengukur kepuasan pengguna berdasarkan 6 variabel berdasarkan UEQ. Keenam variabel tersebut yaitu Attractiveness, Perspicuity, Efficiency, Dependability, Stimulation, dan Novelty. Secara keseluruhan, pengujian dengan SUS menunjukkan nilai acceptability range dengan hasil evaluasi “Cukup” sedangkan pada pengujian UEQ menunjukkan bahwa empat variabel, yaitu perspicuity, efficiency, dependability, dan stimulation, mendapatkan evaluasi benchmark dengan hasil “below average”, pada variabel attractiveness mendapatkan hasil penilaian secara benchmark dengan hasil “bad”, sedangkan pada variabel novelty menunjukkan hasil “above average”.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-12-01