IMPLEMENTASI CLUSTERING UNTUK MENENTUKAN EFEKTIVITAS NILAI SISWA SESUDAH PANDEMI COVID-19 MENGGUNAKAN ALGORITMA K-MEANS

  • Hizkia Alexander Teknik Informatika, Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Yuyun Umaidah Teknik Informatika, Universitas Singaperbangsa Karawang
  • M. Jajuli Teknik Informatika, Universitas Singaperbangsa Karawang
Keywords: Media interaktif, Adobe flash, Media Pembelajaran Matematika

Abstract

 

SMKN 1 Jakarta adalah sebuah lembaga pendidikan kejuruan negeri yang berlokasi di Jakarta. Sebagai salah satu institusi pendidikan tertua di Jakarta, sekolah ini menawarkan 11 bidang keahlian atau jurusan kepada siswa. Meskipun awalnya proses pembelajaran berjalan secara normal, situasinya berubah pada awal tahun 2020 ketika muncul wabah penyakit baru yang dikenal dengan nama COVID-19. Dampak penyebaran virus yang luas mengakibatkan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (KEMDIKBUD) merilis surat edaran untuk mengadopsi pembelajaran jarak jauh atau daring. Hal ini menyebabkan variasi nilai siswa karena tantangan adaptasi terhadap metode pembelajaran yang baru. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti menerapkan metode CRISP-DM dengan fokus pada analisis cluster atau pengelompokan menggunakan algoritma K-Means terhadap nilai siswa dalam menilai efektivitas perubahan metode pembelajaran pada semester ganjil dan genap tahun pelajaran 2021/2022. Hasil dari proses pengelompokan teridentifikasi cluster 0 dikategorikan sebagai kelompok dengan nilai yang baik, sementara cluster 1 memiliki nilai yang kurang baik. Analisis lebih lanjut menunjukkan bahwa cluster 2 memiliki perbedaan tertinggi menurut Elbow Method, dengan selisih nilai sebesar 79963.30076 pada semester ganjil, dan 212024.9629 pada semester genap. Penilaian berdasarkan Silhouette Coefficient juga mempertegas bahwa cluster 2 merupakan kelompok paling efektif dengan skor tertinggi, yaitu 0.8171218916694154 pada semester ganjil dan 0.8932255100239208 pada semester genap. Sehingga disimpulkan hasil pengelompokan menunjukkan peningkatan efektivitas sebesar 2.5%, yang mengindikasikan perbaikan nilai pada 5 siswa.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-10-18