RANCANG BANGUN SISTEM PEMESANAN ONLINE BERBASIS WEBSITE DALAM UPAYA PERENCANAAN STRATEGI PENJUALAN DI MORA BAKERY

  • Novi Hanifah Rahmat Sistem Informasi, Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Nina Sulistiyowati Sistem Informasi, Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Hannie Hannie Sistem Informasi, Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstract

Mora Bakery adalah usaha yang berkembang di bidang makanan atau kuliner. Produk yang ada di Mora Bakery ini biasanya berupa makanan ringan, roti, kue, hidangan penutup dan lain-lain. Saat ini, sistem penjualan yang diterapkan oleh Mora Bakery masih menggunakan sistem konvensional yang artinya dalam proses pengelolaan penjualan dan sistem pemesanannya masih dilakukan secara manual. Pelanggan biasanya datang ke toko kemudian memilih produk yang akan dibeli, dan apabila ingin melakukan pemesanan melalui online, maka pelanggan harus menghubungi kontak admin terlebih dahulu untuk melakukan pemesanan secara manual. Selain itu, saat ini juga belum ada perancangan strategi penjualan yang diterapkan di Mora Bakery. Pengembangan strategi penjualan yang ada pada Mora Bakery dilakukan dengan penggunaan Analisa SWOT guna membantu Mora Bakery dalam pengkategorian masalah yang terjadi dan membentuk penyelesaiannya. Dalam penelitian ini SDLC adalah metode yang digunakan dengan model Waterfall yang memiliki tahapan analisis, desain, implementasi, testing dan dokumentasi untuk merancang dan membuat sistem pemesanan online berbasis website. Pada tahapan analisa yang menggunakan analisa SWOT, hasil yang didapatkan ialah pada komponen kekuatan terdapat harga yang terjangkau. Pada komponen kelemahan terdapat sistem penjualan yang belum memadai, pada komponen peluang terdapat strategi pemasaran dan pada komponen ancaman terdapat tingginya daya saing. Kemudian, implementasi yang dihasilkan pada penelitian ini adalah sebuah sistem yang dapat menampilkan informasi produk dan melakukan pemesanan secara online sehingga membantu Mora Bakery dalam proses penjualan dan juga membantu pelanggan dalam melakukan pemesanan secara online. Berdasarkan pengujian yang dilakukan dengan menggunakan Black Box Testing, hasil yang didapatkan yaitu sistem yang dibuat sudah sesuai dan dapat digunakan dengan baik. Pengembangan website pemesanan online ini dilakukan untuk membantu proses transaksi penjualan dan pemesanan secara online. Kemudian implementasi serta pengelolaan strategi penjualan yang memanfaatkan Analisa SWOT juga dapat membantu pengembangan strategi penjualan di Mora Bakery.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-11-01