PENERAPAN FILTER INSTAGRAM UNTUK MENINGKATKAN WAWASAN SISWA TENTANG SEJARAH PAHLAWAN DI SDN KARAWANG WETAN 3

  • Gilang Mahardhika Pratama Informatika, Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Didi Juardi Informatika, Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Aries Suharso Informatika, Universitas Singaperbangsa Karawang
Keywords: Teknologi Augmented Reality, Pendidikan, Filter AR, Instagram, MDLC, T Berpasangan

Abstract

Teknologi Augmented Reality (AR) telah banyak digunakan dalam berbagai bidang, termasuk dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mengetahui pemanfaatan teknologi AR untuk pembelajaran di SDN Karawang Wetan III menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus dengan menggunakan hasil observasi dan wawancara terstruktur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknologi AR dapat digunakan untuk pembelajaran di SDN Karawang Wetan III dengan menggunakan metode MDLC. Selain itu, AR juga memberikan kelebihan dalam pembelajaran, seperti meningkatkan minat dan motivasi siswa, memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan, dan meningkatkan keterampilan siswa dalam menggunakan teknologi. Berdasarkan hasil dari pengujian yang telah dilakukan pada penelitian ini dengan hasil seperti berikut. Hasil pengujian menunjukkan skor studi Paired T Sample Test sebesar 7,55. Skor ini mencerminkan persepsi pengguna terhadap kegunaan sistem AR yang dikembangkan. Selain itu, standar deviasi sebesar 1,137 mengindikasikan variasi dalam respon pengujian. Hal ini menunjukkan bahwa persepsi pengguna terhadap sistem AR memiliki variasi yang signifikan. Dari hasil pengujian tersebut mengidentifikasi bahwa filter instagram sejarah pahlawan sudah layak untuk dipergunakan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-01-05