PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAI BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN KODULAR KELAS X DI SMA N 1 IV KOTO

  • Wawan Citra Purnama Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Firdaus Annas Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Hari Antoni Musril Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi https://orcid.org/0000-0002-0868-9530
  • Gusnita Darmawati Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

Abstract

Penelitian ini berawal dari adanya permasalahan di SMA N 1 IV Koto yang masih menerapkan pembelajaran konvensional dan masih dominan menggunakan buku cetak yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi yang disampaikan oleh guru karena proses belajar yang kurang menarik dan tidak mendukung pembelajaran PAI di sekolah. Peneliti melakukan penelitian ini dengan maksud untuk menghasilkan sebuah media pembelajaran berbasis android menggunakan codular yang menarik dan dapat membantu dalam proses pembelajaran PAI. Metode yang peneliti terapkan dalam permasalahan ini adalah metode pengembangan Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan menurut Hannafin dan Peck yang terdiri dari tiga tahapan yaitu Analisis Kebutuhan (Needs Assess), Perancangan (Design), dan Pengembangan dan Implementasi (Develop and Implement) dimana ketiga tahapan tersebut saling berkaitan dengan evaluasi dan revisi. Peneliti menggunakan tiga tes untuk menilai produk: uji validitas yang dilakukan oleh enam orang ahli dan menghasilkan skor 0,86 dengan kriteria valid; uji kepraktisan yang diselesaikan oleh dua ahli dan menghasilkan skor 0,98 dengan kriteria tinggi; dan uji keefektifan yang diselesaikan oleh 20 siswa dan menghasilkan skor 0,89 dengan kriteria tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-09-06