IMPLEMENTASI REST API DAN YELLOW.AI UNTUK MENGURANGI JUMLAH TROUBLE TICKET DATA REKENING YANG BERULANG DENGAN CHATBOT TBIG OLIVE

  • Muhammad Tri Toto Wiharjianto Teknik Informatika, Universitas Semarang
  • Khoirudin Khoirudin Teknik Informatika, Universitas Semarang
  • Febrian Wahyu Christanto Teknik Informatika, Universitas Semarang http://orcid.org/0000-0003-4190-3831

Abstract

Permasalahan berulangnya Trouble Ticket terkait data rekening menjadi beban bagi Helpdesk di PT Tower Bersama Group, mendorong penelitian ini. Tujuan utama adalah mengembangkan fitur perubahan data rekening pada Chatbot TBIG Olive dengan integrasi REST API dan Yellow.ai. Fokusnya adalah mengurangi jumlah tiket dan mempercepat proses administrasi karyawan. Metode penelitian mencakup implementasi fitur perubahan data rekening pada Chatbot TBIG Olive dengan memanfaatkan Yellow.ai dan REST API. Evaluasi dilakukan melalui kuesioner kepuasan pengguna. Hasil penelitian menunjukkan keberhasilan dengan penurunan 54,3% jumlah pengajuan perubahan data rekening, pemangkasan waktu rata-rata menjadi 1,9 jam, dan tingkat keberhasilan 89,3% melalui Chatbot. Implementasi REST API dan Yellow.ai pada Chatbot TBIG Olive terbukti efektif mengurangi jumlah Trouble Ticket terkait data rekening yang berulang serta signifikan mempercepat proses administrasi karyawan di perusahaan ini.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-02-13