DESAIN MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI MENGGUNAKAN APLIKASI FOCUSKY DI SMA N 1 TARUSAN
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi dari kenyataan disaat peneliti melakukan observasi dan wawancara di kelas X SMA N 1 Tarusan, peneliti menemukan bahwa pada saat proses pembelajaran guru cenderung menggunakan metode ceramah dan guru masih menggunakan media konvesional berupa papan tulis, modul dan buku cetak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang media pembelajaran biologi menggunakan aplikasi focusky kelas X di SMA N 1 Tarusan yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan Research and Development (R&D) versi 4D yang terdiri dari 4 tahapan yaitu tahapan pendefenisian (define), tahapan perancangan (design), tahapan pengembangan (develop), dan tahapan penyebaran (disseminate). Uji produk yang digunakan pada penelitian terdiri dari uji validitas, uji praktikalitas, dan uji efektivitas. Hasil dari penelitian media pembelajaran biologi menggunakan aplikasi Focusky ini mendapatkan nilai uji validitas dengan nilai rata-rata 0,89 dengan kriteria valid, hasil uji praktikalitas dengan nilai rata-rata 0.89 dinyatakan sangat praktis dan hasil uji efektivitas dengan nilai rata-rata 0,88 yang dinyatakan efektif. Berdasarkan hasil uji produk media pembelajaran biologi menggunakan aplikasi Focusky sebagai media pembelajaran sudah valid, praktis, dan efektif.