MEMBANGUN MARKETPLACE UNTUK PENJUALAN PRODUK KREATIF MAHASISWA BERBASIS MOBILE MENGGUNAKAN METODE FDD

  • Ariiq Valerian Romero Teknik Informatika, Universitas Catur Insan Cendekia
  • Kusnadi Kusnadi Teknik Informatika, Universitas Catur Insan Cendekia
  • Rifqi Fahrudin Teknik Informatika, Universitas Catur Insan Cendekia
Keywords: Marketplace, Flutter, Supabase, FDD, Produk Kreatif

Abstract

Mahasiswa Teknik Informatika dan Desain Komunikasi Visual UCIC (Universitas Catur Insan Cendekia) sering menghasilkan karya kreatif sebagai tugas atau praktikum. Namun, karya-karya tersebut seringkali tidak terfasilitasi dan dimanfaatkan, hanya disimpan atau tidak digunakan kembali. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan marketplace berbasis mobile menggunakan framework Flutter dan Supabase sebagai Backend as a Service (BaaS) untuk menjual produk kreatif mahasiswa. Metode pengembangan perangkat lunak FDD digunakan untuk membantu dalam perancangan kebutuhan yang berorientasi pada fitur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa marketplace ini efektif memfasilitasi penjualan produk kreatif mahasiswa, mempermudah transaksi, dan memberikan wadah untuk mempromosikannya. Dengan adanya marketplace, mahasiswa dapat dengan lebih mudah menjual karya kreatifnya, meningkatkan kreativitas, dan mendapatkan keuntungan dari hasil karyanya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-02-03