ANALISIS DAN INTEGRASI API GOOGLE CLASSROOM PADA SISTEM INFORMASI AKADEMIK MENGGUNAKAN CREDENTIAL UNTUK PENGAMBILAN DATA NILAI AKADEMIK DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA 3 CIMAHI

  • Ridwan Fauzi Teknik Informatika, Universitas Jenderal Achmad Yani
  • Herdy Ashaury Teknik Informatika, Universitas Jenderal Achmad Yani
  • Ridwan Ilyas Teknik Informatika, Universitas Jenderal Achmad Yani
Keywords: API, Google Classroom, Pengujian Performa API, Sistem Informasi Akademik

Abstract

Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) menjadi hal yang penting di dunia pendidikan sebagai media pengelolaan data akademik dalam mendukung pembelajaran di sekolah. Sehingga kegiatan akademik dapat terkelola menjadi informasi yang bermanfaat dalam pengelolaan manajemen di sekolah, Pada jaman sekarang siswa dan guru banyak melakukan kegiatan belajar mengajar melalui aplikasi google classroom sementara google classroom merupakan alat belajar mengajar siswa dan guru dan juga dapat membantu dalam komunikasi namun google classroom memiliki kelemahan seperti pengambilan nilai akademik yang masih kurang efisien dan memindahkannya masih manual oleh karena pada penelitian ini akan dilakukan integrasi API google classroom yang menggunakan teknologi Java dan Python dengan sistem informasi akademik yang menggunakan teknologi laravel dan juga menguji kemampuan dari API sistem informasi akademik. Pada penelitian sebelumnya pengujian performa API telah dilakukan menggunakan teknologi Node JS dan PHP pada sistem informasi akademik. Hasil dari penelitian ini telah berhasil mengintegrasi API google classroom yang menggunakan teknologi Java dan Python dengan sistem informasi akademik yang menggunakan teknologi Laravel untuk pengambilan data nilai dan melakukan pengujian performa API menggunakan teknologi laravel hasilnya menunjukkan kinerja laravel dengan hasil throughput 63% menunjukkan lebih baik dari teknologi PHP dengan hasil throughput 48,70% tetapi tidak sebaik kinerja teknologi Node JS dengan hasil throughput 100%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-01-06