PENENTUAN RUTE PENGIRIMAN BARANG DI SENTRAL PENGOLAHAN POS YOGYAKARTA MENGGUNAKAN METODE NEAREST NEIGHBOR

  • Cindy Mandasari Logistik Bisnis, Universitas Logistik dan Bisnis Internasional
  • Erna Mulyati Logistik Bisnis, Universitas Logistik dan Bisnis Internasional
  • Saptono Kusdanu Logistik Bisnis, Universitas Logistik dan Bisnis Internasional
Keywords: Transportasi, Pengiriman, Logistik, Nearest Neighbor.

Abstract

PT Pos Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak pada bidang jasa logistic, transportasi merupakan elemen yang sangat penting dalam melakukan pengiriman barang di perusahaan ini, perusahaan yang bergerak pada bidang logistic sering kali mengalami kendala pada proses pengiriman dengan rute yang tidak sesuai disebabkan oleh moda transportasi dan rute yang dilewati, menyebabkan kenaikan biaya operasional pengiriman, oleh karena itu diperlukan evaluasi ulang terhadap rute dan jumlah barang yang akan dikirim untuk dapat menekan biaya operasional pada PT Pos Indonesia dengan menerapkan metode Nearest Neighbor, penelitian ini melakukan perhitungan jarak dan jumlah packet yang akan dirim untuk dapat mengatasi masalah kenaikan biaya operasional pada PT Pos Indonesia, hasil pengujian berdasarkan beberapa variabel meliputi, jarak yang ditempuh, waktu transportasi, biaya BBM, dan biaya fix cost, hasil penerapan metode Nearest Neighbor mampu menekan biaya operasional jarak tempuh dengan nilai 292,2 km ( 27,98 %), waktu transportasi 2 jam 27 menit (13,82 %), biaya BBM 183.724 (28,33 %), biaya fix cost Rp 3.920.000 per hari (63,64 %).

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-10-19