AUGMENTED REALITY ISTANA SEKALA BRAK LAMPUNG BERBASIS ANDROID

  • Yoga Nurkholish Setya Teknik Informatika, Institut Informatika & Bisnis Darmajaya
  • RZ Abdul Aziz Teknik Informatika, Institut Informatika & Bisnis Darmajaya

Abstract

Pada penelitian ini teknologi Augmented Reality akan diterapkan sebagai media informasi kebudayaan dan pengetahuan untuk memperkenalkan Istana Sekala Brak Lampung yang merupakan salah satu cagar budaya dari suku Lampung, Sumatra berbasis Android. Metode pengembangan perangkat lunak yang digunakan pada penelitian ini metode Multimedia Development Life Cylce. Aplikasi ini berisikan informasi Sejarah Kerjaan Sekala Brak, infromasi gambar bentuk bangunan Istana Sekala Brak dalam bentuk 3D, dan marker sebagai media yang akan menampilkan tampilan 3D Augmented Reality, serta dapat menjalankan simulasi lokasi atau Virtual Tour sehingga pengguna dapat merasakan seperti berada di tempat aslinya. Objek 3D yang dihasilkan dibuat menggunakan aplikasi SketchUp, kemudian pembuatan aplikasi dilanjutkan menggunakan Unity3D. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan pengguna, 1 dari 3 perangkat android tidak dapat berjalan karena tidak sesuai dengan batas minumin spesifikasi, namun sisanya yaitu, 2 dari 3 pengguna dapat berjalan sesuai dengan baik sehingga dapat disimpulkan aplikasi ini dapat berjalan dengan baik jika mengikuti syarat ketentuan yang sudah ditentukan. Manfaat yang dapat diberikan aplikasi ini kepada siswa pelajar, mahasiswa, masyarakat umum, khususnya masyarakat suku Lampung sebagai media yang interaktif dalam mengenal Bangunan Istana Sekala Brak dan juga sejarah Kerajaan Sekala Brak yang merupakan salah satu sejarah masyrakat Lampung.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-02-13