PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATA PELAJARAN INFORMATIKA BERBASIS ANDROID KELAS X MENGGUNAKAN ARTICULATE STORYLINE DI SMA NEGERI 2 BUKITTINGGI

  • Fadila Shafitri Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, Universitas Islam Negeri Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi
  • Gusnita Darmawati Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer , Universitas Islam Negeri Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi
  • Riri Okra Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer , Universitas Islam Negeri Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi
  • Firdaus Annas Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer , Universitas Islam Negeri Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi

Abstrak

Penelitian ini mengemukakan tentang perancangan media pembelajaran interaktif mata pelajaran informatika berbasis android kelas X  di SMA Negeri 2 Bukittinggi. Dilatar belakangi oleh media pebelajaran yang digunakan oleh guru kurang variasi menyebabkan kurangnya minat siswa dalam mata pelajaran Informatika dan guru juga belum mempunyai rancangan media pembelajaran interktif informatika yang berbasis android yang bisa menambah minat siswa dalam belajar informatika. Berdasarkan asltersebut maka solusi yang diberikan yaitu merancang sebuah media pembelajaran interaktif berbasis android. Tujuan dari penelitian ini adalah  untuk merancang media pembelajaran interaktif mata pelajaran Informatika berbasis android kelas x menggunakan Articulate Storyline di SMA Negeri 2 Bukittinggi yang valid, praktis dan efektif. Peracangan media pembelajaran interaktif  ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) dengan mengadaptasi model pengembangan Hannafin and Peck yang terdiri dari tiga fase metodologi penelitian, yaitu (1) analisis kebutuhan, (2) desain, dan (3) pengembangan dan implementasi. Uji produk yang digunakan pada penelitian ini adalah uji validitas, uji praktikalitas dan uji efektifitas. Hasil uji produk menunjukkan bahwa media pembelajaran Informatika berbasis android yang  dirancang sebagai media pembelajaran yang valid, praktis, dan efektif . Untuk hasil penilaian  yang menunjukkan kevalidan produk memperoleh skor validitas ahli media sebesar  0,82 dengan kriteria valid, skor validitas  materi sebesar  0,85 dengan kriteria valid, dan skor validitas kebahasaan sebesar 0,84 dengan kriteria valid. Hasil skor praktikalitas sebesar  0,93 dengan kriteria sangat praktis dan skor efektifitas sebesar 0,86 dengan kriteria tinggi.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2024-01-20