PENENTUAN JASA PENGIRIMAN BARANG ONLINE TERBAIK MENGGUNAKAN METODE TOPSIS

  • Rika Febria Pitaloka Teknik Informatika, Universitas Islam Balitar
  • Indyah Hartami Santi Teknik Informatika, Universitas Islam Balitar
  • Filda Febrinita Teknik Informatika, Universitas Islam Balitar
Keywords: Barang Online, Sistem Pendukung Keputusan, TOPSIS, Jasa Pengiriman

Abstract

Dallalm pembelialn online kita bisa menggunalkaln jalsal pengirimaln untuk mengantarkan barang yang kita pesan. Nalmun dengaln aldalnyal berbalgali malcalm jenis lalyalnaln jalsal pengirimaln balralng yalng tersedial, walrgal desal meralsal bingung untuk memilih malnal yalng terbalik, kalrenal sering kalli mengallalmi permalsallalhaln yalng merugikaln warga desa. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan sistem pendukung keputusan menggunakan metode TOPSIS dalam menentukan alternatif jasa pengiriman barang terbaik dengan mempertimbangkan beberapa kriteria-kriteria penting yang digunakan untuk mendapatkan keputusan solusi terbaik di desa Bangsri. Dalam menentukan solusi alternatif terbaik, peneliti menggunakan metode TOPSIS dengan 5 alternatif dan 6 kriteria. Alternatif pada penelitian ini yaitu JNE, J&T, Pos Indonesia, SiCepat dan TIKI. Kriteria yang digunakan yaitu ketepatan waktu pengiriman, biaya pengiriman, keamanan pengiriman, kualitas pelayanan, penanganan barang dan jarak pengiriman. Bobot untuk setiap kriteriannnya yaitu 0.20, 0.20, 0.20, 0.15, 0.15, dan 0.10. Hasil yang diperoleh dari metode TOPSIS yaitu J&T mendapatkan peringkat pertama dan menjadi solusi terbaik dengan nilai 0.796, diikuti dengan JNE mendapatkan nilai 0.725, SiCepat mendapatkan nilai 0.701, TIKI mendapatkan nilai 0.692 dan Pos Indonesia mendapatkan nilai 0.647.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-01-20