ANALISIS SENTIMEN PUBLIK TERHADAP APLIKASI STREAMING FILM ONLINE NETFLIX DENGAN METODE NAÏVE BAYES

  • Raisa Priskilla Teknologi Informasi, Universitas Bina Sarana Informatika
  • Suparni Suparni Teknologi Informasi, Universitas Bina Sarana Informatika

Abstract

Netflix merupakan aplikasi streaming film yang telah hadir di Indonesia sejak 2016 dengan menawarkan berbagai jenis genre film yang dapat dinikmati oleh berbagai kalangan usia dimanapun dan kapanpun. Netflix mirip langganan televisi berbayar, namun Netflix bersih dari berbagai macam jenis iklan sehingga penonton tidak perlu penonton dapat menentukan sendiri konten yang ingin ditonton tanpa perlu takut terganggu dengan hadirnya iklan-iklan. Pada media sosial Twitter, banyak pelanggan menyampaikan opini tentang aplikasi Netflix. Berdasarkan opini publik tersebut, maka sangat cocok untuk dibuatkan klasifikasi untuk mengetahui sentimen publik terhadap aplikasi Netflix dengan menggunakan metode Naïve Bayes. Naïve Bayes adalah salah satu algortima yang digunakan dalam pengklasifikasian karena selain mudah dan sederhana tetapi memiliki hasil yang baik pada banyak kasus. Jumlah tweets yang digunakan peneliti adalah sejumlah 1000 tweets. Pengujian tersebut menggunakan aplikasi RapidMiner sebagai software pembantu menghasilkan 929 data yang berlabelkan positif dan negatif dengan hasil akurasi sebesar 67.08% menggunakan metode Naïve Bayes.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-04-01