PERANCANGAN SISTEM INFORMASI ABSENSI GURU BERBASIS WEB DI SMK NEGERI 1 SINTUK TOBOH GADANG

  • Mairani Mairani Informatika, Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Anggri Yulio Pernanda Informatika, Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Haris Kurniawan Informatika, Universitas PGRI Sumatera Barat
Keywords: Sistem Informasi, Absensi, SDLC

Abstract

Proses absensi guru di SMK Negeri 1 Sintuk Toboh Gadang saat ini mengalami kendala dalam hal efektivitas dan efisiensi, yang seringkali mencakup masalah seperti kecurangan dalam pencatatan kehadiran guru atau keterlambatan dalam pengambilan absensi harian. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang sebuah sistem informasi absensi guru berbasis web di SMK Negeri 1 Sintuk Toboh Gadang. Sistem ini bertujuan untuk memantau kehadiran guru dengan lebih baik, menyederhanakan proses rekapitulasi data absensi, dan mengurangi penggunaan waktu, karena prosesnya akan dilakukan secara terkomputerisasi.

Dalam penelitian ini, analisis dilakukan dengan menerapkan konsep Siklus Hidup Pengembangan Perangkat Lunak (Software Development Life Cycle - SDLC). Sistem informasi absensi guru dirancang menggunakan bahasa pemodelan Unified Modeling Language (UML). Pembangunan sistem informasi absensi guru ini melibatkan bahasa pemrograman seperti PHP, HTML, JavaScript, CSS, dan penggunaan database MySQL. Selain itu, sistem ini melalui tahap pengujian alpha dan beta untuk memastikan kinerjanya yang optimal sebelum diimplementasikan.

Berdasarkan hasil penelitian, sistem informasi yang telah dirancang menggunakan model Waterfall, yang terdiri dari lima tahap utama, yaitu analisis kebutuhan, desain program, penulisan kode program, pengujian program, dan penerapan program. Hasil dari pengujian beta menunjukkan bahwa validasi dari tenaga ahli memberikan rata-rata sebesar 88,54%, sementara kuesioner yang diisi oleh pengguna memberikan rata-rata sebesar 90,98%. Kedua hasil ini menunjukkan bahwa sistem ini mendapat penilaian "sangat baik" dari kedua pihak yang terlibat dalam pengujian.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-01-20