RANCANG BANGUN APLIKASI PEMBELAJARAN HEWAN LANGKA HIONEPEDIA UNTUK ANAK SD DENGAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY MENGGUNAKAN FLUTTER FRAMEWORK

  • Afiv Dicky Efendy Teknik Informatika, Universitas Islam Balitar
  • Abdi Pandu Kusuma Teknik Informatika, Universitas Islam Balitar
  • Saiful Nur Budiman Teknik Informatika, Universitas Islam Balitar

Abstract

Masalah umum di banyak lembaga pendidikan adalah kurangnya kegiatan pembelajaran yang menarik dan interaktif, menyebabkan siswa merasa bosan dan tidak tertarik. Di SDN Sumberasri 01, metode pembelajaran pelestarian hewan langka masih menggunakan buku teks dan ceramah, padahal siswa lebih suka belajar melalui pengalaman langsung, interaksi sosial, dan teknologi. Oleh karena itu, perlu dikembangkan aplikasi pembelajaran yang menarik dan interaktif untuk meningkatkan minat dan keterlibatan siswa. Penggunaan teknologi Augmented Reality (AR) dan framework Flutter dapat membantu menciptakan pengalaman pembelajaran yang lebih menarik dan efektif. Pengembangan aplikasi ini menggunakan pendekatan pengembangan perangkat lunak yang cepat (RAD) dan metode pengujian black box dan white box keduanya menghasilkan hasil yang baik dimana untuk black box mendapat skor 85% dari 7 pengujian sedangkan untuk white box menghasilkan cyclomatic complexity 4 yang menunjukkan bahwa aplikasi tidak tergolong kompleks.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-01-21