PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INFORMATIKA BERUPA GAME EDUKASI MENGGUNAKAN APK SCRATCH DI SMAN 4 PARIAMAN

  • Siti Nurhaliza Jaser Teknik Informatika dan Komputer, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Zulfani Sesmiarni Teknik Informatika dan Komputer, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Syawaluddin Syawaluddin Teknik Informatika dan Komputer, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Fadhilla Yusri Teknik Informatika dan Komputer, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran informatika berupa game edukasi. Media ini dapat membantu pemahaman siswa dalam memahami materi pembelajaran. Penelitian Perancangan Media Pembelajaran Informatika Berupa Game Edukasi Menggunakan Apk Scratch di SMA Negeri 4 Pariaman ini merupakan proram bantu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research & Development versi 4-D. Versi 4D ini terdiri dari define, desain, develop, pengembangan multimedia Thiagrajan. Uji produk yang digunakan pada penelitian ini adalah Uji validitas, Uji Produk, dan Uji Efektivitas. Hasil penelitian ini berupa media pembelajaran berbasis game edukasi yang bisa digunakan oleh guru dan siswa pada mata pelajaran informatika kelas X. Dari hasil uji coba maka didapatkan hasil uji validitas 2 penguji media dengan kriteria valid dan mendapatkan rata-rata 0,83, hasil uji dengan 2 penguji praktikalitas dengan kriteria sangat tinggi dengan rata-rata 0,89, dan hasil uji efektifitas dengan guru serta siswa dengan kriteria sangat valid dengan rata-rata 0,81. Maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran game edukasi ini dapat digunakan oleh siswa di SMA Negeri 4 Pariaman. Untuk dapat mengakses game edukasi scratch dapat di akses menggunakan link.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-11-15