PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY PADA MATA PELAJARAN INFORMATIKA DI SMK NEGERI 1 KOTO BARU

  • Ali Sadikin Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Thomson Mary Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Ami Anggraini Samudra Universitas PGRI Sumatera Barat
Keywords: ADDIE, Augmented reality, Media Pembelajaran, Valid dan Praktis, R&D

Abstract

Masalah yang muncul dalam mata pelajaran informatika, terutama ketika mengenai materi pengenalan jaringan, terkait dengan rendahnya hasil ulangan harian siswa kelas X dan ketidakseimbangan sumber daya alat dan bahan di laboratorium komputer dengan jumlah peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menciptakan media pembelajaran yang sah dan praktis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan mengikuti model pengembangan ADDIE. Sebanyak 33 siswa dijadikan subjek penelitian ini sebagai sampel. Data dikumpulkan melalui penggunaan angket dengan skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata validitas media yang dinilai oleh ahli mencapai 88%, dengan kategori sangat valid, dan nilai validitas materi mencapai 94%, juga dengan kategori sangat valid. Uji praktikalitas media pembelajaran interaktif menunjukkan bahwa guru memberikan nilai sebesar 93% (kategori sangat praktis) dan siswa memberikan nilai sebesar 84% (kategori sangat praktis). Berdasarkan penilaian dan masukan dari ahli media dan ahli materi, serta hasil uji coba lapangan, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran ini telah terbukti memenuhi standar kelayakan dan dapat digunakan sebagai alat bantu dalam pembelajaran pengenalan jaringan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-01-27