PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN INFORMATIKA KELAS X DI SMKN 4 SIJUNJUNG

  • Oky Prasetyo Pendidikan Informatika, Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Thomson Mary Pendidikan Informatika, Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Irsyadunas Irsyadunas Pendidikan Informatika, Universitas PGRI Sumatera Barat

Abstrak

Permasalahan pasif dan rendahnya minat belajar dari siswa dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran informatika maka menyebabkan kurangnya pemahaman terhadap materi yang dipelajari penggunaan smartphone pada proses pembelajaran hendaknya lebih dioptimalkan lagi dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu melihat permasalahan ini diperlukanya media pembelajaran berbasis android sebagai media untuk memudahkan siswa belajar secara mandiri dan memudahkan guru untuk menyampaikan materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat validitas dari pembelajaran berbasis android dan mengetahui tingkat kepraktisan pembelajaran berbasis android. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan model pengembangan MDLC. Penelitian pengembangan R & D adalah metode yang dilakukan untuk mengembangkan, merancang dan menguji pada sebuah produk. Produk yang dihasilkan dari pengembangan ini berupa media pembelajaran berbasis android pada mata pelajaran informatika dengan materi berpikir komputasional. Hasil uji validitas media pembelajaran oleh validator menunjukan bahwa media pembelajaran kriteria Sangat Valid pada ahli media dengan presentase 82,27%, dan untuk ahli materi dengan kategori 85,55%, hasil praktikalitas media pembelajaran berbasis android oleh guru mendapatkan kategori 88,89% Sangat Praktis, dan hasil praktikalitas oleh siswa mendapatkan kategori 83,01%. Ditinjau dari hasil analisis maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis android pada mata Pelajaran informatika kelas X pada bab berpikir komputasional sudah valid dan praktis.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2024-01-21