ANALISIS SENTIMEN TERHADAP PENGGUNA GOJEK DAN GRAB PADA MEDIA SOSIAL TWITTER MENGGUNAKAN RANDOM FOREST

  • Melia Melia Teknik Informatika, STMIK IKMI Cirebon
  • Bambang Irawan Teknik Informatika, STMIK IKMI Cirebon
  • Odi Nurdiawan Manajemen Informatika STMIK IKMI Cirebon

Abstract

Teknologi informasi dan komunikasi telah berkembang dan mengubah  pola hidup masyarakat secara global. Perkembangan teknologi informasi telah menyebabkan dunia menjadi tanpa batas dan menyebabkan perubahan sosial, budaya, dan pola penegakan hukum yang secara signifikan berlangsung cepat. Alat transportasi juga telah berkembang dengan adanya transportasi online. Transportasi merupakan sarana yang sangat penting dalam mendukung aktifitas atau mobilitas manusia setiap harinya. Banyaknya pengguna jasa transportasi  online yang sudah menjadi kebutuhan, maka perlu melakukan analisis sentimen terhadap pengguna aplikasi transportasi online. Jasa transportasi online tersebut adalah Gojek dan Grab. Media yang digunakan untuk mengambil data merupakan salah satu platform media sosial yaitu Twitter. Masalah ini, mengklasifikasikan pengguna Twitter kedalam respon positif dan negatif melalui aplikasi transportasi online tersebut. Proses pengambilan data dilakukan dengan cara Crawling data Twitter menggunakan Rapid Miner, kemudian dilakukan proses text mining dengan menggunakan algoritma random forest. Berdasarkan studi pustaka, algoritma random forest dapat menghasilkan ketepatan yang tinggi. Menurut hasil analisis, terdapat 132 komentar yang mendapat penilaian positif, sementara 68 komentar dianggap negatif. Berdasarkan eksperimen yang telah dilakukan, algoritma random forest mencapai tingkat akurasi sekitar 76.25%. Algoritma random forest dianggap efektif dalam melakukan klasifikasi sentimen dengan cepat.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-01-27