Penerapan PENERAPAN APLIKASI SURAT MENYURAT PENDATAAN PENDUDUK DESA KALEMBU KANAIKA DENGAN METODE SYSTEM DEVELOPMENT LIFE CYCLE
Abstrak
Kantor Desa merupakan suatu tempat dimana digunakan oleh pemerintah desa terkait untuk melaksanakan kegiatan administrasi.kegiatan administrasi yang diproses antara lain ialah pembuatan surat kematian,surat kelahiran,surat pinda penduduk,surat keterangan datatang,surat keterangan tidak mampu. Kantor Desa Kalembu Kanaika proses pendataan penduduk melalui suart menyurat yang masuk dan keluar masih bersifat manual. Pengolahan data penduduk yang dihasilkan masih banyak kekurangan serta terjadi penumpukan data. Hal ini mengakibatkan masyarakat sering merasa sulit dalam proses pengurusan data penduduk yang dibutuhkan karena pada saat datang ke kantor desa, data yang di minta belum dapat di proses langsung, bahkan masyarakat harus menunggu lama. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah bagaimana membuat suatu perancangan aplikasi dalam melakukan pembuatan surat pendataan penduduk Desa Kelmbu Kanaika. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah System Development Life Cycle, aplikasi ini merupakan framework dengan sistem bertahapan dalam membuat perancangan aplikasi yang ingin dibangun sehingga terarah dan terstruktur. Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi pendataan surat menyurat suda bisa diterapkan sesuai dengan kebutuhan masyarakat desa untuk mengurus surat-surat kelahiran, tidak mampu/miskin, surat kematian, serta pinda penduduk.