PENGEMBANGAN AUGMENTED REALITY (AR) UNTUK MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI KELAS X

STUDI KASUS MA DARUSSALAM

  • Ahmad Fathur Rojib Universitas Teknologi Yogyakarta
  • Dwi Ratnawati Universitas Teknologi Yogyakarta
Keywords: Android, Augmented Reality, Efektivitas, Media Pembelajaran

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sendiri telah berkembang pesat di segala bidang salah satunya adalah augmented reality (AR).  Augmented Reality adalah teknologi yang dapat menggabungkan dunia nyata dengan dunia maya dalam bentuk 3D serta bersifat interaktif menurut waktu nyata. Aplikasi augmented reality (AR) merupakan aplikasi yang unik karena membubuhi sesuatu atau menambah realitas pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Teknologi Informasi berbasis augmented reality kelas X, Dengan media pembelajaran tersebut diharapkan dapat membantu baik guru terlebih siswa dalam memepelajari atau mengenal komponen perangkat keras komputer. Metode penelitian yang digunkan adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan mengadaptasi model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu; Analysis, Design, Development or Production, Implementation or Delivery dan Evaluations).  Media pembelajaran berbasis Augmented Reality (AR) ini mendapatkan kategori sangat layak dengan skor 87% dari ahli media dan mendapatkan kategori sangat layak dari ahli materi dengan skor 82% serta mendapatkan skor 83% kategori layak dari siswa sehingga dapat dipergunakan dalam pembelajaran. Pengembangan hasil keseluruhan dari Ahli media, Ahli materi dan siswa maka media ini layak digunakan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-02-06