PERANCANGAN MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA MATA PELAJARAN INFORMATIKA KELAS VII DI MTSN 7 AGAM MENGGUNAKAN CANVA

  • Rini Mulya Sari Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Bukittinggi
  • Liza Efriyanti Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Bukittinggi
  • Jasmienti Jasmienti Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Bukittinggi
  • Tasnim Rahmat Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Bukittinggi
Kata Kunci: Modul Ajar, Kurikulum Merdeka, Canva, Informatika, 4D

Abstrak

Kebijakan dari kurikulum merdeka mengakibatkan adanya perubahan dalam pembuatan RPP, menjadi berupa modul ajar. Hal ini menyebabkan banyaknya guru yang masih belum paham dalam menyusun modul ajar tersebut. Penelitian ini merupakan bagaimana Perancangan modul ajar kurikulum merdeka untuk kelas VII menggunakan canva yang valid, praktis dan efektif. Tujuan  penelitian ini untuk menghasilkan modul ajar kurikulum merdeka untuk kelas VII yang valid, praktis dan efektif menggunakan canva. penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Reserch and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D (define, design, develop, disseminate). Instrument yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket validitas, angket praktikalitas, dan angket efektifitas. Hasil dari penelitian diperoleh rata-rata kevalidan yaitu sebesar 0,84 dengan kategori “valid”, rata-rata kepraktisan diperoleh yaitu sebesar 0,84 dengan kategori “sangat tinggi”, dan rata-rata keefektifan diperoleh yaitu sebesar 0,83 dengan kategori “efektifitas tinggi”. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa modul ajar kurikulum merdeka ini layak digunakan untuk pembelajaran Informatika kelas VII di MTsN 7 Agam. 

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2024-02-07