PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INFORMATIKA MENGGUNAKAN CANVA DI SMA NEGERI 4 PARIAMAN
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil wawancara yang dilakukan penulis di SMA Negeri 4 Pariaman. Dari hasil wawancara penulis mengetahui bahwa dalam mata pelajaran Informatika masih menggunakan metode ceramah, penggunaan media teknologi yang dilakukan belum maksimal dikarenakan media yang digunakan masih dalam bentuk media powerpoint. Hal ini dilihat kurang efektif dalam pelaksanaannya. Dengan demikian, tujuan dari penelitian ini yaitu untuk merancang media pembelajaran Informatika menggunakan Canva agar dapat meningkatkan keefektifan proses pembelajaran. Dalam penelitian ini, media pembelajaran Informatika telah dirancang menggunakan canva di SMA Negeri 4 Pariaman dengan menerapkan pengembangan Research and Development (R&D) yang mengikuti model pendekatan 4-D, yang terdiri dari langkah-langkah Define, Design, Development, dan Disseminate. Pengujian produk dalam penelitian ini mencakup uji validitas, uji praktikabilitas, dan uji efektivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran Informatika ini telah digunakan dalam proses pembelajaran mata pelajaran Informatika. Hasil uji validitas yang melibatkan tiga validator menghasilkan nilai rata-rata sekitar 0,82, menunjukkan bahwa produk ini valid. Hasil uji praktikabilitas yang dilakukan oleh tiga penguji menghasilkan nilai rata-rata sekitar 0,91, menunjukkan bahwa produk ini praktis. Sementara itu, hasil uji efektivitas yang melibatkan satu guru mata pelajaran Informatika dan 27 siswa menghasilkan nilai rata-rata sekitar 0,96, menunjukkan bahwa produk ini sangat efektif