IMPLEMENTASI METODE GRAPPLE DALAM PEMBUATAN E-COMMERCE BERBASIS MOBILE MASYARAKAT DESA SELOREJO

  • Putut Guritno Bramantyo Universitas Islam Balitar
  • Sri Lestanti Universitas Islam Balitar
  • Saiful Nur Budiman Universitas Islam Balitar
Keywords: E-Commerce, Flutter, GRAPPLE, UMKM

Abstract

Hingga tahun 2022, bermunculan banyak usaha baru yang dijalankan oleh masyarakat Desa Selorejo. Namun hingga saat ini cara mempromosikan usaha tersebut masih menggunakan WhatsApp Group. Sehingga pada penelitian ini dibangun sebuah aplikasi e-commerce untuk para pelaku UMKM Desa Selorejo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode GRAPPLE dengan framework Flutter untuk pengembangan aplikasi. Di penelitian ini, data UMKM diperoleh dari perangkat Desa Selorejo. Desain Unified Modeling Language (UML) dibuat menggunakan Visual Paradigm Online dan pembuatan layout program menggunakan aplikasi Canva. Aplikasi pada penelitian ini dibangun menggunakan Visual Studio Code dengan framework Flutter. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah tampilan aplikasi mobile yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan pelaku UMKM dalam mempromosikan produknya. Beberapa kekurangan yang ada di hasil penelitian ini adalah tampilan yang belum rapi dan aplikasi pembeli dan penjual yang masih terpisah.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-01-27