ANALISIS PENGARUH PENGGUNAAN SOSIAL MEDIA TERHADAP DAYA SAING UMKM

STUDI KASUS : PERUM. XYZ

  • Muhammad Andika Suherman Sistem Informasi, Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Hannie Hannie Sistem Informasi, Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstrak

Saat ini banyak sekali umkm bertebaran dimana-mana. Masa pandemi kemarin telah meningkatkan banyaknya umkm dikarenakan banyaknya karyawan yang di pecat massal. Mengingat hal ini, tentu saja umkm jadi daya tarik tersendiri mengingkat banyaknya kehadiran mereka dalam pasar jual beli. Namun, banyak yang belum menyadari poin poin apa yang menjadi daya tarik bagi masing-masing umkm itu sendiri dan pentingnya pengaruh dari sosial media. Analisis ini bertujuan untuk mengukur faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi daya saing dari umkm tersebut. Adapun penelitian ini menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA) dikarenakan untuk melihat faktor apa saja yang sekiranya kurang maupun dianggap berlebih dan tidak perlu dalam suatu usaha. Data dalam penelitian ini diperoleh dari kuesioner yang disebar secara daring menggunakan Google Form. Adapun metode pengambilan sampel untuk penelitian kali ini adalah dengan metode nonprobability sampling dengan jenis sampling yaitu purposive sampling, yang dimana teknik penentuan sampel berdasarkan dari pelaku umkm dan sudah memiliki usaha bisnis. Adapun untuk uji pengolahan data dengan memakai uji validitas dan reliabilitas. Adapun hasil dari penelitian kali ini berupa faktor faktor yang mempengaruhi seperti poin di kuadran 1 dari sini bisa disimpulkan bahwa banyak poin yang dinilai telah cukup bagus dan ada beberapa poin yang diharapkan segera diperbaiki juga.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2024-01-27