PENERAPAN DESIGN THINKING DALAM MENGANALISIS USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE PADA APLIKASI RUPIAHKU

STUDI KASUS (KOPERASI RATU BADIS)

  • Yudha Ramadhan Harahap Informatika, Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Garno Garno Informatika, Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Nono Heryana Informatika, Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstrak

RupiahKu, sebuah aplikasi FinTech yang dikeluarkan oleh pemilik Koperasi Ratu Badis, bertujuan mempermudah pengelolaan keuangan melalui satu aplikasi di smartphone. Aplikasi ini dirancang untuk memudahkan karyawan Koperasi Ratu Badis dan di luar daerah dalam mengakses berbagai fitur. Meski begitu, berdasarkan ulasan pengguna, mayoritas menyuarakan kekecewaan dan keluhan terhadap aplikasi ini. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan untuk menganalisis desain adalah Design Thinking, dengan tujuan menemukan solusi terhadap masalah yang dihadapi pengguna. Pengalaman pengguna diukur menggunakan System Usability Scale (SUS) dengan skala 5 poin. Analisis ini bertujuan memberikan rekomendasi untuk meningkatkan antarmuka dan pengalaman pengguna, yang kemudian akan diimplementasikan dalam pembuatan prototype. Hasil pengukuran menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan belajar (+75%), efisiensi (+55%), dan daya ingat (+66%). Hasil benchmark SUS menunjukkan peningkatan secara keseluruhan dari kategori "Sangat Buruk" menjadi "Sangat Baik" setelah desain aplikasi direvitalisasi.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2024-01-31