ANALISIS SENTIMEN ULASAN INSTAGRAM DI GOOGLE PLAY STORE MENGGUNAKAN ALGORITMA NAÏVE BAYES

  • Dhodi Surya Sayogo STMIK IKMI CIREBON
  • Bambang Irawan STMIK IKMI CIREBON
  • Agus Bahtiar STMIK IKMI CIREBON

Abstrak

Instagram sebuah platform media sosial yang populer, telah mengubah lanskap komunikasi dan interaksi sosial dalam era digital. Dalam abstrak ini, menyelidiki perkembangan, dampak, dan peran Instagram dalam kehidupan sehari-hari penggunanya. Instagram, yang diluncurkan pada tahun 2010, fokus pada berbagi foto dan video dengan berbagai filter kreatif, memberikan pengguna kemampuan untuk mengekspresikan diri secara visual. Teknik crawling untuk mengumpulkan ulasan aplikasi dari Google Play Store dengan metode klasifikasi Naïve Bayes untuk menganalisis sentimen ulasan. Metode klasifikasi Naïve Bayes digunakan untuk mengklasifikasikan ulasan sebagai positif dan negatif berdasarkan bahasa dan kata-kata yang digunakan dalam ulasan tersebut. Analisis sentimen adalah bidang yang berkembang pesat dalam pengolahan bahasa alami dan data mining. Ini melibatkan pengidentifikasian dan klasifikasi opini, perasaan, atau sentimen yang terkandung dalam teks, sering kali dengan tujuan memahami pandangan atau reaksi publik terhadap berbagai topik, produk, atau layanan. Dalam abstrak ini, Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis ulasan user terhadap Instagram yang berada di Google Play Store. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik Naïve Bayes. Dataset berisi tentang ulasan mengenai aplikasi instagram di Google Play Store sebanyak 1100 dataset. Hasil penelitian ini menunjukkan accuracy 89%, precision 90% dan recall 98%.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2024-01-31