OPTIMASI PENJUALAN DESAIN ELEMEN DALAM MICROSTOCK DENGAN METODE ALGORITMA C4.5

  • Eman Hermawan Teknik Informatika, STMIK IKMI Cirebon
  • Bambang Irawan Teknik Informatika, STMIK IKMI Cirebon
  • Agus Bahtiar Sistem Informasi, STIMIK IKMI Cirebon
  • Kaslani Kaslani Komputerisasi Akuntansi, STIMIK IKMI Cirebon

Abstrak

Microstock merupakan salah satu platform jual beli jasa profesional yang jasa atau produknya umum nya dalam bentuk digital. Microstock menjadi wadah bagi para desainer grafis maupun konten creator untuk bekerja secara freelance. Dalam industri kreatif, memahami pola penjualan dan preferensi pelanggan terhadap berbagai elemen desain sangat penting untuk meningkatkan efisiensi dan keuntungan. Analisa diperlukan untuk melihat pola dari data penjualan sehingga dapat menghasilkan prediksi penjualan Element design yang nantinya akan berguna untuk pendistribusian Stock Design. dengan menerapkan metode klasifikasi pada data penjualan Element Design dalam platform microstock. Ini akan membantu Contributor microstock dalam menyusun strategi pemasaran yang lebih tepat sasaran, meningkatkan kepuasan pelanggan, dan mengoptimalkan pendapatan. Selain itu, penelitian ini juga dapat memberikan wawasan tentang tren desain yang sedang naik daun dan membantu contributor untuk menghasilkan konten yang lebih diharapkan dengan kesesuaian permintaan pasar. Maka dilakukan Data Mining dengan menggunakan algoritma C4.5 dengan prosesnya menggunakan  langkah pada KDD (Knowledge Discovery in Databases). Yang diharapkan dapat memberikan sebuah pohon keputusan untuk melihat pola prediksi perilaku konsumen membeli element desing dalam microstock. Hasil dari akurasi menghasilkan nilai precision sebesar 94,11%, recall 90,43%, F1- measure 92,23% dengan akurasi 94,58%. yang menunjukkan bahwa algoritma C4.5 cocok digunakan untuk mengukur perkiraan penjualan element design.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2024-02-03