DESAIN USER INTERFACE WEBSITE PEMESANAN ONLINE PRODUK MAKANAN KRIPDUNK DENGAN METODE USER CENTERED DESIGN

  • Nursehan Zaelani Teknik Informatika, STMIK IKMI Cirebon
  • Nana Suarna Teknik Informatika, STMIK IKMI Cirebon
  • Willy Prihartono Teknik Informatika, STMIK IKMI Cirebon
Keywords: KripDunk, User Interface, User Centered Design. Maze Usability Score, System Usabiility Scale

Abstract

KripDunk, sebuah bisnis makanan berbasis home industry yang mengandalkan media sosial WhatsApp untuk penjualan produknya. KripDunk mengalami kendala keterbatasan promosi dan interaksi dalam penjualannya. Masalah tersebut dapat diatasi dengan membuat website sebagai sarana menjangkau pasar yang lebih luas. Tujuan penelitian ini adalah merancang desain user interface website KripDunk dengan menerapkan 4E (Error – Free, Easy to Use, Easy to Understand, Effective For End Goal or Product). User Centered Design digunakan sebagai metode untuk merancang user interface dengan tahapan Memahami Konteks Pengguna, Menspesifikan Kebutuhan Pengguna, Solusi Desain dan Evaluasi terhadap Kebutuhan Pengguna.  Populasi ditetapkan tanpa batasan dan jumah sampel ditentukan menggunakan Simple Random Sampling (SRS) dengan jumlah 20 kemudian dijadikan sebagai user persona pengujian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dengan data yang akan dianalisis untuk mengidentifikasi prefensi dan kebutuhan pengguna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Maze Usability Score (MAUS) mencapai 77%, menandakan desain user interface website KripDunk telah dipahami dengan baik oleh responden dan sesuai dengan preferensi dan kebutuhan pengguna. Selain itu, pengujian usability dengan System Usability Scale (SUS) menunjukkan skor 78, yang berada dalam rentang acceptability range dengan penilaian "Good" dan peringkat "B". Penelitian ini membuktikan keberhasilan pendekatan yang diadopsi dalam menghasilkan user interface sesuai dengan kebutuhan dan harapan pengguna.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-02-03