PENERAPAN FP-GROWTH DALAM MENGANALISIS DATA PENJUALAN DI TOKO X

  • Eksadevi Anggita Pratiwi Teknik Informatika, STMIK IKMI Cirebon
  • Bambang Irawan Teknik Informatika, STMIK IKMI Cirebon
  • Agus Bahtiar Sistem Informasi, STMIK IKMI Cirebon
  • Nining Rahaningsih Komputerisasi Akuntansi, STMIK IKMI Cirebon
Keywords: Algoritma FP-Growth, Analisis Data, Transaksi Penjualan, Pola Pembelian

Abstract

Kemajuan pesat dalam bidang informatika telah mengubah berbagai aspek kehidupan, termasuk bisnis dan manajemen stok. Memahami pola pembelian pelanggan menjadi krusial dalam merancang strategi penjualan dan pengelolaan stok yang efektif bagi bisnis ritel. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pola pembelian di Toko X menggunakan Algoritma FP-Growth. Penelitian ini menggunakan dataset data transaksi penjualan Toko X selama 1 bulan yaitu bulan Agustus 2023. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Knowledge Discovery in Database (KDD). Diterapkan dengan algoritma FP-Growth, melibatkan tahapan Data Selection, Data prepocessing, Data Transformation, Data mining dan  Evaluation. Untuk menguji nilai minimum support, minimum confidence dan lift itu untuk mengevaluasi hasil analisis untuk mengidentifikasi pola pembelian. Dalam penelitian ini, support ditentukan dengan 0.6%, dan confidence 70% yang berhasil megidentifikasi 10 aturan asosiasi dengan lift ratio tertinggi. Misalnya, jika ada yang membeli Richesse Wafer kemungkinan besar pelanggan akan membeli Nabati Waffer dengan Lift 138.167, Nilai support 0.6% dan nilai confidence 83%. Implikasi praktis dari temuan pola pembelian ini mencakup penerapan strategi penjualan seperti Penempatan strategis produk, Penawaran bundel dan promosi dan Manajemen stok yang efisien. Selain itu, dengan menanfaatkan pola pembelian yang teridentifikasi, optimalisasi analisis stok dan produksi dapat dilakukan untuk meningkatkan efisiensi operasional secara menyeluruh.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-02-05