PENGGUNAAN ALGORITMA NAÏVE BAYES DALAM MENGANALISIS SENTIMEN ULASAN APLIKASI ADAKAMI DI GOOGLE PLAY STORE

  • Eviyanti Eviyanti Teknik Informatika, STMIK IKMI Cirebon
  • Bambang Irawan Teknik Informatika, STMIK IKMI Cirebon
  • Agus Bahtiar Teknik Informatika, STMIK IKMI Cirebon

Abstrak

Aplikasi Adakami adalah platform pinjaman online yang menyediakan layanan pinjaman tunai kepada penggunanya. Aplikasi ini sudah diunduh oleh lebih dari 10 juta pengguna di Google Play Store. Permasalahan penelitian ini berfokus pada sejauh mana Algoritma Naïve Bayes dapat berhasil mengenali dan membedakan sentimen positif dan negatif dalam ulasan pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan algoritma Naïve Bayes dalam mengevaluasi sentimen pengguna yang terungkap dalam ulasan untuk aplikasi Adakami di Google Play Store. Dalam konteks penelitian ini, analisis sentimen terhadap ulasan aplikasi Adakami di Google Play Store akan dilakukan dengan menggunakan Algoritma Naïve Bayes. Data ulasan aplikasi Adakami di Google Play Store akan dikumpulkan melalui teknik web scraping. Data yang terkumpul terdiri dari ulasan yang ditulis dalam bahasa Indonesia. Data tersebut akan di dianalisis menggunakan Rapidminer, termasuk pembersihan data, tokenisasi, penghapusan kata-kata umum. Model Naïve Bayes yang telah disusun akan diuji menggunakan data uji. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi Adakami mendapatkan respons positif dari penggunanya, yang tercermin dari dominasi sentimen positif dalam ulasan. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa algoritma Naïve Bayes berhasil mencapai tingkat akurasi sebesar 84,55%, dengan nilai presisi mencapai 83%, dan nilai recall mencapai 86%. Algoritma Naïve Bayes pada aplikasi Adakami telah mencapai tingkat kinerja yang sangat memuaskan.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2024-02-07