PENERAPAN ALGORITMA FP-GROWTH UNTUK MENENNTUKAN POLA PENJUALAN PRODUK ELEKTRONIK

  • Anggi Febiyanto Teknik Informatika, STMIK IKMI Cirebon
  • Ahmad Faqih Teknik Informatika, STMIK IKMI Cirebon
  • Ruli Herdiyana Teknik Informatika, STMIK IKMI Cirebon
  • Nisa Dienwati Nuris Teknik Informatika, STMIK IKMI Cirebon
  • Riri Narasati Teknik Informatika, STMIK IKMI Cirebon

Abstrak

Di era perkembangan pasar yang pesat, analisis pola penjualan sangat penting untuk meningkatkan efisiensi dan keuntungan perusahaan salah satunya perusahaan yang menjual produk elektronik. Produk elektronik mengacu pada berbagai perangkat dan perlengkapan yang menggunakan teknologi elektronik untuk berfungsi. Elektronik mencakup berbagai kategori, mulai dari perangkat konsumen seperti telepon seluler dan televisi hingga peralatan industri seperti sensor dan sistem kendali otomatis. Dalam suatu toko kerap kali terjadi masalah over stock, kehabisan stock, dan tata letak barang yang tidak beraturan dikarenakan pihak toko tidak mengetahui pola penjualan barang. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pola penjualan produk elektronik di toko Sinar Mentari menggunakan algoritma analisis data. Penulis menggunakan metode pemrosesan data tingkat lanjut untuk mengekstrak informasi berharga dari data penjualan dalam jumlah besar.Di era pesatnya perkembangan e-commerce, analisis pola penjualan sangat penting untuk meningkatkan efisiensi dan keuntungan perusahaan. Penelitian ini mengidentifikasi pola penjualan produk elektronik di toko Sinar Mentari menggunakan algoritma FP-Grow. Langkah pertama yaitu mengumpulkan dan membersihkan data penjualan elektronik dari Toko Sinar Mentari. Selanjutnya, menerapkan algoritma FP-Grow untuk mengidentifikasi pola pembelian serupa dan mengelompokkan produk berdasarkan perilaku pembelian pelanggan. Dengan cara ini Penulis dapat mengidentifikasi tren penjualan, penawaran paket hemat, preferensi pelanggan dan tata letak barang. Penelitian ini menghasilkan kombinasi pola penjualan produk elektronik yang sudah dilakukan perhitungan menggunakan RapidMiner, hasil kombinasi pola penjualannya yaitu : apabila pelanggan membeliĀ  Colokan Lubang 4 maka pelanggan juga akan membeli Kabel Transparant dengan nilai support 32,5 % dan nilai confidance 53,7 %penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan tentang pola penjualan produk elektronik Toko Sinar Mentari, memberikan informasi dalam pengambilan keputusan, dan meningkatkan daya saing di pasar e-commerce yang sangat kompetitif.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2024-02-07