PENERAPAN DATA MINING MENGGUNAKAN ALGORITMA C4.5 UNTUK PREDIKSI PRESTASI BELAJAR SISWA DI MTS YAMUALLIM PANONGAN

  • Hasanah Lestari Teknik Informatika, STMIK IKMI Cirebon
  • Ade Irma Purnamasari Teknik Informatika, STMIK IKMI Cirebon
  • Tati Suprapti Teknik Informatika, STMIK IKMI Cirebon
Keywords: Prediksi Prestasi Belajar, Algoritma C4.5, Optimasi, Akurasi Prediksi Tinggi, MTs Yamu’allim Panongan.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan akurasi prediksi prestasi belajar siswa di MTs Yamu’allim Panongan dengan mengoptimalkan penggunaan algoritma C4.5. Algoritma ini dipilih karena dapat menangani kompleksitas data dan menghasilkan hasil yang mudah diinterpretasi. Dataset yang mencakup prestasi belajar siswa dari semester sebelumnya digunakan untuk melatih dan menguji model, menciptakan dasar yang kuat untuk meningkatkan kualitas prediksi prestasi belajar. Penelitian juga melibatkan analisis mendalam terhadap berbagai aspek, termasuk aspek sosial dan lingkungan, karena pemahaman terhadap faktor-faktor ini dianggap penting dalam memengaruhi prestasi belajar siswa. Dengan implementasi C4.5 yang dioptimalkan, penelitian ini tidak hanya bertujuan meningkatkan akurasi prediksi, tetapi juga memberikan gambaran komprehensif mengenai faktor-faktor yang berkontribusi terhadap prestasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa optimasi algoritma C4.5 secara signifikan meningkatkan tingkat akurasi prediksi prestasi belajar siswa. Temuan ini dapat membantu pihak sekolah dalam mengidentifikasi siswa yang memerlukan perhatian khusus atau bantuan tambahan untuk meningkatkan prestasi belajarnya. Model klasifikasi menunjukkan akurasi yang tinggi dalam memprediksi kategori prestasi belajar, memberikan manfaat konkret dengan memberikan pandangan yang lebih tepat mengenai potensi dan kebutuhan masing-masing siswa.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-04-19