IMPLEMENTASI ASSOCIATION RULES MINING UNTUK ANALISIS POLA PEMBELIAN PAKET KUOTA PERDANA PELANGGAN XL MENGGUNAKAN ALGORTIMA APRIORI
STUDI KASUS: PT. XL AXIATA TEGAL
Abstrak
Kartu perdana mulai ramai digunakan oleh pelanggan ponsel di seluruh dunia sebagai akses koniktivitas pada internet. Kartu perdana adalah paket penyedia layanan seluler yang mencakup akses paket data prabayar ke internet, panggilan, pesan teks, dan layanan komunikasi lainnya. Permasalahan yang terjadi di PT. XL Axiata Tegal adalah perusahaan belum menemukan pola pembelian paket kuota perdana pelanggan XL yang teridentifikasi, padahal peluang tersebut dapat mengoptimalkan strategi pemasaran dan menawarkan layanan yang lebih disesuaikan dengan preferensi pelanggan. Metode yang digunakan dalam analisis Association Rules Mining adalah pengimplementasian atau penerapan algoritma apriori pada dataset berupa data histori transaksi yang diperoleh dari PT. XL Axiata Tegal pada periode bulan Oktober 2023 dengan jumlah data sebanyak 22.121 transaksi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis data transaksi pembelian paket kuota perdana, sehingga perusahaan dapat mengidentifikasi pola pembelian pelanggan XL yang dapat dijadikan sumber informasi untuk perusahaan dalam memperkirakan jumlah produksi dan persedian stok paket kuota perdana. Hasil penelitian ini ditemukan aturan asosiasi tertinggi item yang paling kuat dengan nilai confidence tertinggi adalah yang pertama jika pelanggan membeli PV Hotrod Special M (4GB) maka akan membeli juga paket kuota perdana PV Hotrod Special S (2.5 GB) secara bersamaan dengan nilai pendukung 39% dan confidence sebesar 93% dan aturan asosiasi terendah adalah Jika pelanggan PV Hotrod Special S (2.5 GB) maka akan membeli juga PV FLEX M 9GB secara bersamaan dengan nilai support 36% dan nilai confidence 60%.