IMPLEMENTASI DATA MINING MENGGUNAKAN ALGORITMA K- MEANS CLUSTERING DALAM ANALISIS PENJUALAN PRODUK

  • Talitha Tiara Alifa Teknik Informatika, STMIK IKMI Cirebon
  • Rini Astuti Sistem Informasi, STMIK LIKMI Bandung
  • Fadhil Muhamad Basysyar Sistem Informasi, STMIK IKMI Cirebon
Keywords: K Means Clustering, Data Mining, Fashion Pria

Abstract

Fashion pria beroperasi di sebuah Department Store X dan fokus pada penjualan pakaian pria dengan berbagai macam produk seperti Kemeja, T-shirt, Celana pendek, Celana Panjang dan produk sebagainya. menghadapi tantangan memanfaatkan informasi penjualan yang melimpah untuk meningkatkan strategi penjualan. Oleh karena itu, penelitian ini menggunakan metode clustering K-Means untuk mengelompokkan data penjualan dan menentukan produk pakaian mana yang laris dan produk mana yang kurang laris di pasar mode pria. Dengan demikian, penelitian ini dapat mempermudah mengidentifikasi produk. Algoritma clustering K-Means digunakan untuk membuat kelompok produk yang saling terkait dari data penjualan pakaian pria.. Dalam konteks ini, informasi yang dimiliki, seperti Nama Barang (Artikel), Stok Awal, dan Produk yang Terjual, digunakan sebagai atribut dalam analisis K-Means Clustering. Tujuan dari studi ini adalah untuk memperdalam pemahaman terhadap pola penjualan produk Fashion Pria, sehingga hasil analisis dapat memberikan wawasan yang berharga dalam mengelola data penjualan. Hasil dari penerapan K-Means Clustering diharapkan dapat meningkatkan pemahaman tentang tren penjualan, membantu mengidentifikasi produk yang paling diminati, dan memberikan dasar untuk mengoptimalkan strategi pemasaran. Dengan demikian, penelitian ini berperan penting dalam mengubah informasi menjadi pengetahuan yang dapat meningkatkan kinerja penjualan Fashion Pria. Kesimpulan dari penelitian ini memberikan landasan untuk pengembangan strategi bisnis yang lebih cerdas dalam menghadapi dinamika pasar yang terus berubah.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-02-24