ANALISIS POLA PEMBELIAN PRODUK PADA TOKO ONLINE DAUN INDAH MENGGUNAKAN ASSOCIATION RULE DAN ALGORITMA FP-GROWTH DI PLATFORM E-COMMERCE SHOPEE

  • Aditiya Ramanto Teknik Informatika, STMIK IKMI Cirebon
  • Ade Irma Purnamasari Teknik Informatika, STMIK IKMI Cirebon
  • Irfan Ali Teknik Informatika, STMIK IKMI Cirebon

Abstrak

Pada era digital, toko online menjadi salah satu pilihan bagi konsumen untuk berbelanja produk dengan mudah. Toko Daun Indah adalah salah satu toko online yang menjual berbagai macam produk kecantikan. Namun, Toko Online Daun Indah belum memanfaatkan data transaksi yang tersimpan di Shopee. Akibatnya, Toko Daun Indah belum memiliki informasi mengenai produk apa yang sering dibeli bersama, produk apa yang paling diminati. Oleh karena itu, penelitian bertujuan menganalisis pola pembelian produk menggunakan metode data mining, yaitu association rule dan algoritma FP-Growth. Association rule merupakan metode yang dapat menemukan hubungan antara item-item sering dibeli bersama oleh konsumen dan Algoritma FP-Growth dapat mengekstrak frequent itemset dari data transaksi dengan efisien dan cepat. Hasil penelitian ini adalah Implora Liptint & Cheek, Mascara Evany Esenses / Evany Esenses Mascara Original -8ml, Dan Implora Urban Lip Cream Matte Dengan Nilai Confidence: 0.667. Fres & Natural Parfum Semprot -100ml Dan Fresh & Natural Hijab -100ml Dengan Nilai Confidence: 0.857. 1 Renteng 12pcs 9ml Garnier Sakura White Hyaluron Glow Foam, 1 Renteng Isi 12pcs 7ml Garnier Bright Complete Vitamin C Serum Cream Uv Dengan Nilai Confidence: 1.000. Sehingga dapat memberikan informasi yang berguna bagi Toko Online Daun Indah untuk menentukan rekomendasi produk yang sesuai kebutuhan konsumen.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2024-03-27