IMPLEMENTASI DATA MINING UNTUK MENENTUKAN POLA PENJUALAN PRODUK MENGGUNAKAN ALGORITMA K-MEANS CLUSTERING

  • Slamet Pujiono Teknik Informatika, STMIK IKMI Cirebon
  • Rini Astuti Sistem Informasi, STMIK LIKMI Bandung
  • Fadhil Muhamad Basysyar Sistem Informasi, STMIK IKMI Cirebon
Keywords: Data Mining, K-Means, Clustering, Produk Fashion

Abstract

Penjualan fashion adalah proses pemasaran dan penjualan produk yang berkaitan dengan bisnis fashion. Bisnis fashion mencakup segala sesuatu yang berhubungan dengan pakaian, aksesoris, dan produk gaya hidup lainnya yang diproduksi dan dijual untuk memenuhi kebutuhan gaya dan penampilan konsumen. Dalam penelitian ini, pihak bersangkutan memilih untuk menjaga kerahasiaan identitasnya dan menggunakan nama samaran merek X. Karena beragamnya produk yang dijual dan tingkat minat konsumen untuk membelinya, mungkin mengalami kesulitan dalam mengisi persediaan produk. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu sistem agar dapat membantu membuat keputusan dengan lebih cepat dan akurat. Untuk mengatasi permasalahan ini, analisis dilakukan dengan menerapkan metode Clustering menggunakan Algoritma K-Means. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki strategi dan metode yang dapat diterapkan dalam pengelolaan stok barang lebih efisien, mengetahui barang-barang yang diminati guna meningkatkan pendapatan, serta menghindari akumulasi stok berlebihan yang dapat menyebabkan kerugian. Dari hasil penelitian ini diketahui nilai terbaik terdapat pada cluster 2 dengan nilai DBI sebesar -0,310 Terdapat 616 item produk yang termasuk dalam kategori paling laris dalam Cluster_0, sementara 8 item produk kurang laris dalam Cluster_1. Hal ini memungkinkan pemangku kepentingan untuk mengambil tindakan yang lebih baik, diantaranya adalah mengefektifkan pengelolaan persediaan, mengamankan produk yang laris, dan memperluas promosi serta memperbaiki produk yang kurang laris.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-02-24