ANALISIS PENJUALAN PRODUK UMKM DI SHOPEE PADA TOKO AGUNG0NA9 MENGGUNAKAN MODEL ALGORITMA REGRESI LINEAR

  • Adi Supriyatna Teknik Informatika, STMIK IKMI Cirebon
  • Ade Irma Purnamasari Teknik Informatika, STMIK IKMI Cirebon
  • Irfan Ali Rekayasa Perangkat Lunak, STMIK IKMI Cirebon
Keywords: Prediksi, Relative error, Regresi linear, Penjualan

Abstract

Shopee merupakan platform e-commerce yang beroperasi secara online dan hadir di berbagai negara di Asia Tenggara, Shopee telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir memungkinkan konsumen membeli produk secara online, Toko umkm Agung0na9 Menjual produk kategori musik dan juga kerajinan. Tujuan dari penelitian ini adalah menerapkan algoritma regresi linier untuk memprediksi produk dengan Kategori musik dan kerajinan yang akan terjual dalam waktu 3 bulan berikutnya. Regresi linear digunakan sebagai metode prediksi dengan jumlah produk yang terjual sebagai variabel Y dan periode sebagai variabel X. relative Error digunakan untuk mengevaluasi hasil prediksi. Hasil prediksi kategori Musik pada bulan pertama terjual 68 pcs, pada bulan kedua 69 pcs dan bulan ketiga 70 pcs dan kategori Kerajinan pada bulan pertama terjual 1078 pcs, pada bulan kedua 1029 pcs dan bulan ketiga 1066 pcs. Hasil evaluasi nilai Nilai Relative Error pada kategori Musik 13.64%, sedangkan, Nilai Relative Error kategori Kerajinan 22.65%. Prediksi penjualan handphone menggunakan metode regresi linear ini dapat dikatakan tergolong dalam kategori cukup atau bisa digunakan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-04-18